4 Kesalahan Pria Saat Memakai Batik

Sumber foto: blogspot.com

Salah satu budaya Indonesia yang patut dilestarikan adalah Batik. Batik sendiri sudah dikenal sebagai warisan budaya Indonesia yang terkenal di kancah dunia. Batik yang beragam jenisnya dapat digunakan baik pria maupun wanita. Apalagi untuk kaum pria, pria yang menggunakan batik tentunya akan terlihat lebih keren. Bahkan salah satu tokoh terkenal di dunia yakni Nelson Mandela, ternyata penggemar batik.

Sayangnya masih banyak pria yang salah dalam memadukan outfit mereka dengan batik atau istilahnya salah dalam memakai batik. Memang soal fashion, semua orang memiliki selera masing-masing. Anda bisa memadukan batik sesuai dengan selera Anda. Namun apakah batik tersebut akan terlihat bagus pada Anda? Untuk itu simak 4 hal yang harus Anda hindari saat memakai batik terutama kemeja batik. Tips ini bertujuan supaya Anda terlihat lebih keren memakai batik!

1.  Size batik yang tidak cocok

Hal pertama yang harus Anda hindari saat menggunakan batik adalah memakai batik yang kebesaran. Size fit adalah yang paling pas jika Anda ingin tampilan yang lebih maksimal. Lantas mengapa harus fit? Karena bagi pria muda tentunya tidak akan mau terlihat seperti bapak-bapak bukan jika memakai batik yang kebesaran.

Selain itu, batik yang kebesaran juga menambahkan kesan rapuh dan ringkih karena Anda akan terlihat lebih kurus dan kecil. Fit disini bukan berarti batik yang ukurannya sempit atau press body, namun maksudnya adalah batik yang lebar badannya pas, bahunya pas dan panjangnya pas.

2.  Batik dimasukkan ke celana

Nah ini merupakan hal yang sebaiknya Anda hindari saat memakai batik, walaupun masih banyak yang memasukkan batiknya ke dalam celana supaya terlihat lebih rapi dan formal. Sangat disayangkan jika batik yang memiliki motif yang menarik dan indah ini harus terlihat tidak utuh.

Seperti yang Anda tahu, penjahit batik menggunakan paten sehingga motif batik yang ada terlihat lebih indah. Inilah alasan mengapa Anda harus memakai batik secara utuh karena supaya orang bisa melihat motif batik yang Anda pakai secara keseluruhan. Jadi sebaiknya jangan masukkan batik ke dalam celana dan lebih baik untuk dikeluarkan saja.

3.  Memakai dasi

Lebih baik hindari menggunakan dasi ketika memakai batik, mengapa? Karena batik sendiri baju formal yang sudah rapi tanpa perlu ditambahkan dasi untuk memberikan kesan resmi.

Selain itu, dasi juga akan menutupi motif paten batik Anda. Seperti yang dijelaskan di atas, paten pada batik akan membuat penampilan semakin lebih keren dan indah jika digunakan secara utuh tanpa perlu dimasukkan ke dalam celana dan memakai dasi.

4.  Memakai sneakers

Mungkin Anda ketika membaca ini akan terheran, apakah salah menggunakan sneakers saat memakai batik. Jawabannya tidak jika Anda masih bersekolah dan diwajibkan memakai batik namun masih harus memakai seragam lengkap.

Namun jika Anda sudah bekerja dan memiliki selera sendiri untuk outfit Anda, maka saran kami jangan memakai sneakers saat memakai batik karena lebih baik batik Anda dipadukan dengan sepatu formal berwarna hitam sehingga lebih terlihat formal dan rapi.

Nah itu tadi 4 kesalahan yang masih banyak pria lakukan ketika memakai batik. Semoga setelah membaca artikel ini Anda tidak salah kaprah lagi ketika memakai batik. Jika ingin membeli batik dengan motif yang beragam dengan kualitas premium, jangan lupa mampir ke galeri batik tulen ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us