Berbagai Tips Mencuci dan Merawat Baju Batik Agar Awet

Batik

Baju batik umumnya dimiliki oleh semua orang, pakaian yang sangat mengidentitaskan Indonesia ini biasanya digunakan dalam beberapa acara formal tertentu.

Dikarenakan fungsinya yang biasa digunakan untuk acara formal, maka sebaiknya kita dapat merawatnya sebaik mungkin agar penggunaannya dapat untuk jangka panjang.

Berbagai Cara Mencuci Baju Batik dan Tips Merawatnya

Mencuci baju batik dengan tangan

Kalau kamu baru saja membeli baju batikmu disarankan untuk mencucinya secara manual, hal ini dilakukan untuk menghindari kelunturan.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Rendam batik dengan air suhu normal
  • Campur air rendaman dengan deterjen khusus batik atau deterjen cair, selain itu terdapat opsi lainnya yang alami, yaitu sabun dari lerak yang dapat menjadi alternatif alami yang efektif
  • Kucek dengan lembut
  • Lakukan proses selama 15-30 menit saja
  • Keringkan atau jemur pada tempat yang teduh karena dikhawatirkan sinar matahari dapat merusak warna langsung

Apabila kamu sudah pernah menggunakannya, kamu dapat memberi sedikit tekanan saat mengucek dan pastikan kamu menghindari sikat karena dapat merusak serat kain.

Baca juga ya sobat Batik : 6 Tips Pakai Batik agar Tampil Lebih Muda dan Stylish

 

Mencuci baju batik dengan mesin cuci

Sangat disarankan dicuci dengan manual atau dengan tangan, karena dengan penggunaan mesin cuci dikhawatirkan dapat merusak serat kain.

Berikut langkahnya mencuci menggunakan mesin cuci:

  • Sebaiknya cuci batik dengan warna senada atau dengan bahan batik lainnya, hindari mencampurnya dengan pakaian lain
  • Pilih opsi mencuci yang lembut, misal opsi delicate atau handwash pada mesin cuci kamu. Opsi ini memungkinkan proses mencuci yang lebih singkat dengan suhu rendah sehingga lebih aman
  • Segera jemur dalam kondisi yang teduh

Tips merawat baju batik lainnya

Setelah membahas dua cara mencuci, terdapat beberapa tips lainnya agar baju batik-mu tetap awet. Berikut tips tersebut:

  • Hindari penggunaan pewangi, pelembut dan pemutih, karena dapat berakibat pada rusaknya serat kain. Kain jadi mudah kering dan robek, selain itu juga dapat merusak warna asli dari batik.
  • Apabila kusut hindari langsung menggunakan setrika, kamu dapat menyemprotkan sedikit air dan letakkan kain sebagai pelindung, atau kamu juga dapat menggunakan setrika uap
  • Simpan dalam keadaan digantung, dengan begini pakaianmu bisa lebih awet warnanya dan tentunya tidak akan menjadi kusut.

Demikian dua cara mencuci baju batik beserta tips merawatnya, semoga bermanfaat untuk pengetahuan per-batik-an kita. Jangan lupa belanja batik di toko batik tulis premium GallerybatikTulis.com ya, premium & banyak pilihannya!!!

Jika mencari kain batik sutra, dapat kunjungi toko batik online anda ini atau produk produk kami dibawah ini ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *