Kamu tahu apa itu batik tulis

Batik tulis

Kamu tahu apa itu batik tulis?

Nah sekarang kita bahas apa itu batik tulis? Apa batik yang di tulis dengan tangan dan pensil? Atau tulisan bergaya batik?

Pada umumnya Batik Tulis adalah salah satu jenis hasil proses produksi batik yang teknis pembuatan motifnya langsung ditulis secara manual. Alat untuk menulisnya atau yang biasa disebut canting terbuat dari tembaga dengan gagang dari bambu.

Jadi batik tulis inilah yang disebut-sebut sebagai batik asli warisan turun-temurun nenek moyang bangsa Indonesia karena proses dan pengerjaannya yang masih tradisional dan manual tentunya. Di karenakan teknik pengerjaannya yang tradisional dan manual otomatis pengerjaannya lebih lama dan lebih rumit di banding dengan batik cap dan batik printing, tapi itu pula lah yang membuat batik tulis lebih berharga dan unik di banding batik lainnya.

Perbedaan mendasar batik tulis dibanding batik lainnya adalah adanya perbedaan di setiap polanya, misal sejumlah titik atau lengkungan garis yang tidak sama karena di buat manual dengan tangan. Namun inilah kelebihan dari batik tulis di banding jenis batik lainnya.

Batik Tulis dibedakan menjadi 2 jenis:

  • Batik Tulis Malam

Batik tulis malam adalah teknik batik tulis dengan menorehkan cairan malam melalui canting tulis. Cairan malam tetap terjaga kondisi suhunya sekitar 70 derajat celcius. Canting tulis mengambil cairan malam melalui nyamplung. Kemudian cucuk canting harus berlubang, sehingga perlu ditiup agar membran cairan terbuka. Setelah itu cairan malam baru dioleskan sesuai motif yang telah digambar di kain mori dengan pensil. Langkah selanjutnya adalah proses pewarnaan

  • Batik Tulis Colet (Warna)

Batik tulis colet adalah teknik batik tulis dengan menorehkan warna melalui canting tulis langsung ke kain mori, sehingga isi dari nyamplung canting adalah warna yang dikehendaki. Proses pembuatan batik tulis colet ini mirip seperti menggambar di kanvas. Jadi hasilnya sangat ditentukan dari kreatifitas dan keuletan goresan tangan dari pembatik. Semakin kecil dan detil barisan titik-titik yang bisa dibuat oleh pembatik, maka akan semakin tinggi tingkat kesulitan dan nilai dari batik tersebut.

Baca juga ya sobat: Mengagumi kota pekalongan sebagai kota batik. & Memakai batik dengan teknik draping.

4 Ciri-ciri batik tulis:

  • Kain batik tulis berbau lilin batik
  • Warna batik tulis kedua sisi bolak-balik lebih rata (tembus bolak-balik) khusus bagi batik tulis yang halus.
  • Desain motif batik seperti garis dan titiknya tidak berulang sama persis dalam suatu desain maupun desain ulangnya.
  • Bahan batik dari kain katun, kain mori, atau kain sutra.

Nah, mungkin itu sedikit indormasi tentang batik tulis yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat untuk pengetahuan per-batik-an kita. Jangan lupa belanja batik tulis di toko batik tulis GallerybatikTulis.com ya, premium & banyak pilihannya!!!

Jika mencari kain batik sutra, dapat kunjungi toko batik online anda ini atau produk produk kami dibawah ini ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *