Mengenal Batik Tulen Asli Indonesia

sumber gambar : shopee.co.id/inspirasi-shopee

Sejak batik dinobatkan sebagai warisan dunia untuk Indonesia, batik menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari karakteristik Nusantara. Sebab, sebagai kain khas Indonesia sejak dulu kala, busana batik menjadi budaya asli Indonesia yang luhur. Di masa lalu, batik hanya dikenakan kalangan bangsawan. Kain batik biasanya dipadukan dengan kebaya ataupun pakaian adat. Namun, di era modern, batik sudah bisa digunakan secara luwes dimana bisa dipadu-padankan dengan jenis kain lain agar lebih terlihat modern dan lux.

Menurut wikipedia kata Batik berasal dari gabungan dua kata bahasa Jawa yaitu “amba” yang berwarna “menulis” dan “Titik” yang memiliki makna sama yaitu “Titik”. Secara umum batik bisa diartikan dengan kain gambar yang dibuat secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain.

Batik sendiri dibedakan menjadikan dua motif yaitu berasal dari daerah & berdasarkan corak. Ciri khas dari Batik Tulen Indonesia ini di lukis dengan menggunakan canting serta teknik pewarnaan dengan menggunakan bahan alami.

Corak Batik Nusantara

Corak batik di Indonesia memiliki perbedaan tergantung dari mana batik tersebut dibuat. Misalnya batik buatan masyarakat daerah pesisir memiliki motif khas yang bersifat natural dengan warna yang cerah seperti tergambar pada batik Cirebon atau Pekalongan. Sedangkan untuk batik asal Jogja atau Solo, memiliki warna yang cenderung gelap, coklat, hitam atau kuning serta motif gambar yang abstrak.

Di Indonesia memiliki ragam corak batik yang sudah dikenal oleh dunia dan sudah banyak peminatnya seperti :

1.  Batik Megamendung

Batik ini akan sangat mudah kamu temukan di daerah Cirebon, memiliki bentuk motif awan besar berwarna cerah dan mencolok. Dan biasanya memiliki warna biru, merah tua, ungu dan hijau tua.

2.  Batik Tujuh Rupa Pekalongan

Siapa yang tak kenal batik Pekalongan, batik yang sudah banyak dihasilkan dari kota Pekalongan. Motif tumbuh-tumbuhan dan hewan menjadi ciri khas batik Pekalongan.

3.  Batik Parang Rusak

Batik dengan motif ini banyak sekali yang digunakan bahkan cenderung populer di kalangan pecinta batik. Memiliki arti yang mendalam membuat batik ini jadi primadona kain batik yakni manusia yang berperang melawan sifat buruk dan nafsu seluruh hidupnya.

4.  Batik Keraton

Awalnya batik ini hanya dibuat untuk putri keraton dan pengrajin batik yang berada di wilayah Keraton. Batik ini memiliki nuansa elegan, sakral & sarat filosofi kehidupan.

5.  Batik Priangan Tasikmalaya

Corak yang rapat, rapi dan berkelas merupakan ciri khas corak batik Priangan Tasikmalaya. Terlebih lagi batik ini memiliki identitas utama yang didominasi motif rumput & tumbuh-tumbuhan.

Nah sekarang kamu nggak perlu bingung, kalau sedang mencari batik tulen Indonesia. Salah satu butik yang merupakan pionir dalam melestari kebudayaan Indonesia melalui batik ini adalah Butik Batik Tulen yang sudah berdiri dari tahun 1970-an oleh Sri Soelasmi, asal Pekalongan, Jawa Tengah. Sebagai pendiri Sri Soelasmi memulai bisnisnya di Kota Surabaya dan sekarang bisnis butik Batik Tulen sudah dilanjutkan oleh generasi kedua, Nanang Gularso.

Sebagai batik asli Indonesia, Batik Tulen sangat direkomendasikan untuk dijadikan oleh-oleh atau busana bergaya otentik kebanggaan Anda. Yuk, dapatkan koleksi batik premium dengan motif cantik hanya di BatikTulen.com!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *