Diakui UNESCO, Mengagumi Batik Sebagai Warisan dan Identitas Budaya yang Harus Dilestarikan

sumber gambar : inspirasipagi.id

Hampir di setiap kesempatan, kita bisa melihat busana batik dikenakan dengan bangga dan modis. Tidak hanya masyarakat umum, tokoh ternama hingga orang nomor satu di Indonesia juga sangat bangga memakai batik. Batik merupakan identitas sekaligus warisan budaya yang perlu dilestarikan.

Maka itu, dengan memakai batik, kita juga bisa lebih mencintai Indonesia. Batik tidak sekadar coretan di atas kain, akan tetapi lebih dari itu. Batik adalah maha karya seni dan kreativitas. Di setiap torehan canting, terdapat makna filosofis dan cerita mendalam tentang nuansa kehidupan.

Tidak salah jika UNESCO mengakui batik sebagai Masterpieces of The Oral and The Intangible Heritage of Humanity pada 2009.

Dibalik Batik, Ada Makna Filosofis Unik

Setiap pola dan garis yang terbentuk dalam selembar kain batik, menggambarkan kehidupan dan filosofis yang dalam. Tak jarang, filosofis ini berkaitan erat dengan tujuan hidup dan doa atau pengharapan manusia terhadap Sang Maha Pencipta.

Bahkan, pada masa lalu, batik hanya dikenakan oleh kalangan keluarga raja dan para bangsawan. Anak yang digendong memakai kain batik tertentu, diharapkan bisa membawa keberuntungan ketika kelak buah hati dewasa.

Tak hanya semasa hidup, ketika jenazah meninggal, umumnya juga diselimuti kain batik tertentu sebagai lambing doa agar si jenazah mendapatkan proses yang mudah menuju pangkuan Ilahi.

Batik Seiring Zaman, Modis dan Kekinian

Di era modern saat ini, batik menjadi busana yang lumrah dijumpai dalam berbagai acara. Baik acara formal maupun casual. Dikenakan oleh berbagai lapisan masyarakat, mulai dari kelas bawah hingga kalangan menengah ke atas.

Ini karena, seiring zaman, batik juga turut berkembang mengikuti perkembangan mode busana atau trend yang ada. Generasi milenial dan generasi Z memodifikasi batik untuk berbagai item fashion. Seperti topi, tas, jaket, hoodie, bahkan sepatu dan saat ini masker.

Berbeda dengan jenis kain lainnya, batik memiliki kharisma dan pesona tersendiri. Itulah mengapa, ketika memakai batik, muncul rasa bangga dan gaya terlihat lebih elegan.

Jika anda adalah warga Indonesia yang mengaku bangga memakai batik, berikut adalah beberapa alasan agar makin mantap melestarikan batik sebagai budaya bangsa.

1. Ragam Desain Motif

Di seluruh Nusantara, terdapat beragam jenis motif. Antara daerah satu dan lainnya, memiliki karakter dan keunikan batik yang istimewa. Setiap desain batik juga mengandung komunikasi visual positif yang berbeda. Namun, umumnya merupakan doa – doa kebaikan yang dipanjatkan kepada Tuhan.

Selain itu, ada juga batik yang dilambangkan dalam hal kepemimpinan, cinta, kasih sayang, dan lain-lain.

2. Identitas Indonesia

Ketika memakai batik, anda akan lebih mudah dikenali sebagai orang Indonesia. Saat ini batik dikenal sebagai budaya asli Indonesia. Bahkan, orang asing yang berkunjung ke Indonesia juga membawa batik sebagai souvenir atau merchandise ke negara asalnya.

Tentunya, kita sebagai warga negara Indonesia, harus merasa bangga dan melestarikan batik sebagai identitas kita.

3. Batik menembus pasar global

Busana batik yang elegan dan menawan, mudah dipadukan dengan berbagai gaya busana. Tidak heran jika selebriti maupun tokoh dunia turut bangga memakai batik. Sebut saja seperti Nelson Mandela, Jessica Alba, hingga Bill Gates, semua pernah merasakan kenyamanan dan keindahan memakai balutan busana batik.

Nah, kalau orang luar negeri saja senang memakai batik, sekarang saatnya kita sebagai bangsa Indonesia, memakai batik sebagai budaya yang harus terus dilestarikan. Yuk, kita pakai batik dan bangga memakai batik! Klik BatikTulen.com untuk melihat ragam koleksi produk batik khas Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *